Rabu, 09 Juli 2014

Wishful thinking

A1: Yosh! Ayo belajar (otodidak) bahasa Jepang lagi, biar bisa baca light novels!
Z: Eh, bukannya ada yang salah ya sama niatnya?
A2: Nggak apa sih, nggak akan percuma juga kok. Ayo belajar bahasa Jepang! Ganbatte!

(Record of todays state of mind)

Melanjutkan dari post sebelumnya tentang Mekakucity Actors, kali ini postingan ini dibuat setelah menyelesaikan series ini. Kesimpulannya?

Kecewa.
Berat.

Setelah sukses menghabiskan waktu untuk menghabiskan dan menikmati proyek aslinya (Kagerou Project/ Heat Haze Project) dengan sangat semangat, tiba-tiba dibanting dengan kenyataan bahwa animenya diselesaikan dengan sangat terburu-buru. Belum lagi bagian Ayano's Theory of Happines... seriously, even though i really liked Shaft surrealism style, this is out. Certainly OUT.

Untungnya, sudah sempat membaca light novelnya sampai jilid 3. Dan jilid 5nya dilisensi. Sedih (berhasil dapat translate-annya sih, jadi masih bersyukur).

Ngomong-ngomong, light novel ada yang berniat menerbitkan nggak sih di Indonesia? Dan setelah muter-muter di Gramedia, ternyata..... ada. Yah, meskipun masih tipe one-shot yang pamornya belum ada. Guess the publisher didn't want to take too much risk by publishing a popular series, which could go on and on and on into many volumes.

Penerbitnya? Shining-rose publisher (kalau nggak salah).

Light novels memang agak aneh kalau dibaca ya~~ terutama setelah terbiasa dengan gaya novel klasik, pemecahan dialog dan aksi di light novels agak menyebalkan. Apa harus disesuaikan dulu formatnya dengan novel biasa? Tapi bukannya itu menyalahi esensi dari light novelnys sendiri? (Hmm, postingan ini dibuat setelah berkali-kali baca light novel terjemahan inggris yang banyak beredar dari Baka Tsuki and others, serta setelah mengecek sendiri format light novels yang dijual di Jepang sana *dilakukan di Narita, cuma bisa ngecek format doang, secara belum sanggup baca sampai segitunya. hiks)

Well, onto the day in which i could read any novels without translation. Hopefully :)

0 komentar: